Sabtu, 02 Juni 2012

Patah Hati karena Cinta ? Jadikan Semangat untuk Bangkit, Teman !

Assalamu alaikum Mas bro , Mbak bro. Kali ini, saya aka memposting artikel yang membahas seputar kegagalan. 
Kenapa yang saya bahas seputar kegagalan ? Because as a human, we made mistakes. Kita nggak pernah dengar sekalipun didunia ini ada manusia yang sempurna dan nggak pernah salah dalam hidupnya. Namun hasil dari kesalahan atau kegagalan itu bisa berbeda-beda, tergantung bagaimana kita menanganinya. Ada yang berakhir dengan kegagalan, tapi banyak juga yang berakhir dengan kesuksesan. Karena dia telah berhasil belajar dan mengambil hikmah serta menyusun taktik atas kesalahannya yang lalu.
Anyway by the way busway (hihihi) kegagalan yang akan saya bahas sekarang mungkin lebih ke kegagalan patah hati atau kalau bahasa ABG sekarang tuh disibut  Broken Heart. Hahaha bukannya galau lo ya, tapi memang sepertinya ini adalah masalah yang banyak dialami oleh manusia baik itu remaja , dewasa, bahkan nenek-nenek dan kakek-kakek sekalipun.
Banyak dari kita yang pernah mengalami patah hati, saya pun pernah tentunya.  Patah hati itu nggak enak banget bro, dunia rasanya nggak bersahabat sama kita. Mau ngapa-ngapain jadi malas, kepikirannya kok si diaaaaaa terus. Akhirnya hidup jadi kacau, kalau istilah sekarang yaaa ‘Galau Karena Cinta’. Akhirnya kerjaan tertunda, diri tidak terawat, bahkan isi tweet dan status facebook kita auranya negative terus. But Hey, apakah itu benar ?? Apakah itu yang seharusnya terjadi pada galauers ?
Kalau buat saya pribadi, tentu aja akan saya jawab dengan lantang “SAY NO TO PATAH HATI !!”. Patah hati menurut saya bukan ajang untuk malas-malasan, menunda-nunda tugas, nggak produktif. Buat saya patah hati itu juga termasuk salah satu batu pijakan untuk jadi sukses. Gagal itu nggak Cuma masalah nilai, karir, harta, tapi juga (ehem) masalah cinta. Dan juga gagal dalam percintaan itu juga termasuk gagal di kehidupan.
Kok keliatannya gampang banget sih bangkit dari patah hati ? Ngga segampang itu bro. Teori tuh jauh berbeda dengan praktek.”
Ah ya ya absolutely agree ! Teori memang ngga sesulit prakteknya, tapi sulit itu juga bukan berarti nggak bisa loh bro. Saya pun nulis ini ngga modal sotak, saya juga pernah loh patah hati. Semakin saya galau karena ‘cinta’, semakin saya bersemangat untuk menjadi produktif.
Nah tapi kalau patah hati banget harus gimana dong ? Kan ngga ada si dia yang nyemangatin (cie cie).
Wah jangan salah kaprah dulu bro ! Justru kalau nggak ada yang nyemangatin, cari semangat sendiri dong. ada pepatah latin yang mengatakan ” Viam Aut Inveniam Aut Faciam” (Saya akan menemukan atau membuat jalan saya sendiri). So, nggak ada alasan untuk nggak bangkit lagi kan, fren ?
Nggak perlu basa - basi lagi, berikut tips-tips dari saya untuk bangkit dari patah hati :
  1. Buat patah hati itu jadi sesuatu yang bermanfaat. Ambil positifnya deh, waktu yang biasanya digunakan untuk sms/bbm pacar, jemput pacar, jadi lebih berguna untuk ngerjain tugas atau baca buku yang berguna kan? Kalau biasanya di twitter stalking si dia sampe berpuluh-puluh menit, sekarang bisa dipake untuk teman, atau saudara kan value-nya sangat berguna untuk menjaga silaturahmi. Kalau biasanya status bbm isinya kata-kata galau, mending diganti dengan kata penyemangat deh! Percaya atau ngga, aura positif yang kita ciptakan akan benar-benar berdampak positif terhadap hidup kita dan orang-orang di sekitar kita.
  2. Lakukan passion, hobby atau apapun hal positif yang selama ini belum sempat dilakukan karena sibuk ngurusin si dia. Kembangkan bakat-bakat yang kamu miliki dengan sharing ke temen, searching di dunia maya, keliling kota cari inspirasi, atau apapun yang mengembalikan fokus hidupmu.
  3. Menulislah. Menulis dapat meretas kegalauan loh. Daripada kamu nulis yang engga-engga di twitter mending juga nulis di blog. It’s your online diary, bro. Kamu bisa bebas nulis apa saja disitu untuk ngeluarin uneg-uneg. Tapi tetap, patuhi etika, moral dan hindari kata-kata kasar yang menghina ya. Siapa tahu tulisan kamu bisa bermanfaat untuk orang lain, menginspirasi. Who knows? :)
  4. Hubungi saudara-saudara, teman-teman, guru, pokoknya siapa aja yang kamu kenal baik dan bisa dijangkau. Jalin kembali tali silaturahim yang sempat putus. Kalau biasanya ajak pacar jalan, sekarang ajak keluarga, kakak adik orangtuamua ngedate romantis! Dijamin mereka bakal makin sayang deh. Jangan malu-malu untuk bilang ‘I love you’ untuk orang-orang yang kamu sayang. Orang tua saya selalu mengingatkan saya akan hadits dari Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : “Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah membangun silaturrahim”. Wah berguna banget kan :)
  5. Belajar, belajar, dan terus belajar tingkatkan prestasi. Buat goals yang optimistic yet realistic. Baik dalam jangka pendek maupun panjang. Buktin ke orang yang bikin kamu patah hati kalau tanpa diapun kamu tetap maju dan selalu maju. Kalau katanya mocca nih “losing you is not the end of the world
  6. Dengerin lagu-lagu penyemangat seperti misalnya ‘buka semangat baru atau santai saja’! Dengan mendengarkan berbagai sugesti positif, aura hidup kita juga akan menjadi positif dengan begitu hal-hal positif pun akan berdatangan ke hidup kita.
  7. Spread your love to everyone you meet! Saya pernah ngetweet “if you can’t get the love you want, give all the love you have“! Dan wow dampaknya positif banget. Senang rasanya berbagi cinta kepada yang membutuhkan. Coba lihat disekeliling kamu, banyak banget orang yang butuh cinta. Anak yatim piatu, pengemis, mereka yang cacat, korban kekerasan dan sebagainya butuh kasih sayang kita lho. Kalau udah mulai mewek lagi inget mereka, masa sih kita patah hati gini aja sampe berlarut-larut ? Malu dong kalo dibandingin dengan mereka yang walaupun kehilangan banyak cinta tapi tetap bersabar? :)
  8. Nah yang terakhir tapi yang utama, dekatkan dirimu kepada Tuhanmu, karena hanya Tuhanmulah yang dapat membuatmu tenang :). Patah hati itu kayak kehilangan sebagian jiwa dan semangat, tapi inget, dengan rasa tulus ikhlas dan segala curhat kepada Tuhan, hati rasanya lebih plong! Percaya kalau segala sesuatu sudah ada jalannya masing-masing. Hidup kita yang atur, Tuhan yang meridhoi. Begitu juga jodoh :p. The best things take time, right?
Oke deh sekian dulu tips-tips bangkit dari patah hati dari saya ya! Semoga bisa berguna bagi kita semua. Amiin :)
Sekarang yuk kita dengerin lagu Buka semangat baru dulu biar tambah semangat!
buka kita buka hari yang baru
sebagai semangat langkah ke depan
jadi pribadi baru
buka kita buka jalan yang baru
tebarkan senyum wajah gembira
damai suasana baru
dengarkan hatimu, pastikan pilihanmu 
esok mentari kan datang, bawa sejuta harapan
kita jumpa di sana, berbagi bersama
dan kita tahu, pelangi yang satukan kita”
Wassalamu alaikum wr,wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar